Kamis, 25 Juni 2015

Teknik Komunikasi yang Paling Efektif

Seperti yang kita ketahui, kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan di dalam hidup kita sehari-hari. Menurut berbagai survei, sekitar 85% dari kesuksesan dalam hidup berkaitan langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan ketrampilan membina hubungan.

Berikut beberapa teknik untuk dapat berkomunikasi dengan efektif:

Berikan kesan yang baik pada saat berbicara dengan lawan berbicara kita.
Berikan kesan yang baik bahwa kita ingin berbicara dengan mereka, karena itu akan memberikan nilai positif bagi mereka untuk lebih terbuka dengan kita.

 Berikan senyuman terbaik
Tersenyum adalah bahasa tubuh yang paling sederhana dimana kita dapat mengungkapkan betapa kita berterima kasih, menghargai dan berbagai hal lainnya. Dengan memberikan senyumna yang terbaik, lawan bicara akan merasa bahwa kita sangat senang berbicara dengan mereka dan merasa sangat dihargai.

Ingat nama lawan bicara kita
Dengan mengingat nama lawan bicara mereka, mereka akan merasa sangat dihargai. Nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki tingkat emosional yang kuat bagi mereka.

Berikan pertanyaan kepada lawan bicara kita
Ajukan pertanyaan-pertanyaan sehingga mereka lebih berinteraktif dalam berbicara dan juga membantu membuat mereka lebih terbuka dengan kita.

Perhatikan bahasa tubuh lawan bicara kita
Pada saat berbicara dengan lawan berbicara kita, kita harus memperhatikan bahasa tubuhnya. Dari bahasa tubuh tersebut kita dapat “membaca” apakah pembicaraan kita membuat mereka nyaman atau tidak.

Perhatikan perasaan lawan bicara kita
Pada saat berkomunikasi dengan lawan bicara kita selain bahasa tubuh, salah satu yang terpenting adalah memperhatikan perasaan mereka. Kita harus memilih bahasa komunikasi yang baik sehingga lawan bicara kita pun merasa nyaman saat berbicara dengan kita.

Tunjukkan rasa persetujuan (kagum) terhadap mereka.
Salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan lawan bicara kita adalah dengan menjadi jujur dan memberitahukan mereka apa yang kita sukai atau kita kagumi dari mereka dan apa alasannya.
Untuk hal ini juga harus diungkapkan dengan pertanyaan tidak langsung, karena akan jauh lebih sopan dibandingkan dengan pertanyaan langsung.

Memberi perhatian penuh
Berikan perhatian yang penuh ketika lawan bicara kita berbicara. Dengan mendengar dan memperhatikan dengan penuh kita dapat merespon dengan baik setiap perkataan yang lawan bicara kita ucapkan.

Eye Contact”
Lakukanlah kontak mata yang kuat tetapi tidak berlebihan. Kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada lawan bicara kita bahwa kita terpikat dengan pembicaraan mereka dan kita adalah orang yang dapat dipercaya.
Dengan hal ini, orang secara alami akan lebih memperhatikan ketika kita berbicara.

Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan terbuka tentang diri kita kepada orang lain. Bercerita tentang kejadian yang menarik dari hidup kita dan menggambarkan contoh lucu dari kehidupan normal sehari-hari.
Terbuka dalam hal ini adalah terbuka dengan batas bertanggung jawab, tidak melebihi dari yang harus diceritakan kepada orang lain. Kita dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri kita seiring dengan berjalannya waktu.

Berikan kesan bahwa Anda berdua berada di tim yang sama
Gunakan kata-kata seperti “kami,kita” untuk membantu membangun ikatan. Ketika kita menggunakan kata-kata “kami, kita” maka mereka akan merasa seperti Anda dan lawan bicara Anda berada dalam tim yang sama.

Berikan saran yang bermanfaat
Berikan ide-ide atau saran-saran yang menarik yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Atau berikan ide-ide atau saran-saran seperti hal yang menarik untuk dilakukan, atau  tempat yang dapat dijadikan acuan yang berhubungan dengan lawan bicara kita.

Beri motivasi
Berikan motivasi bagi lawan bicara yang sedang membutuhkan. Buat mereka merasa bahwa mereka diperhatikan. Gunakan kata-kata yang baik ketika berbicara dengan mereka. Motivasi yang baik sangat dibutuhkan bagi lawan bicara yang sedang merasa down atau sedang merasa bahwa kepercayaan diri mereka kurang.
Motivasi juga bisa menjadi energi bagi mereka, karena terkadang orang yang sedang ada masalah dan putus asa tidak akan memiliki semangat dalam hidup mereka. Dengan motivasi inilah dapat menguatkan dan membuat mereka dapat membangun kembali semangat mereka.

Tampil lebih sederhana
Umumnya, orang ingin berada di sekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka. Biasakan berbicara dengan nada yang lebih rendah dibanding dengan lawan bicara kita.
Merendah bukan berarti kita dibawah mereka, tetapi dengan begitu orang lain akan lebih merasa semangat untuk berbicara dengan Anda.

Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjalin suatu hubungan dengan orang lain adalah seperti mengajaknya makan, berbicara sambil minum kopi, menonton film, melihat pertandingan bola/basket, atau melakukan hal yang mereka suka.
Sekalipun lawan bicara kita belum tentu menerima tawaran kita, tetapi mereka akan merasa tersanjung karena kita membuka jalan untuk mengenal lebih jauh. Dari situlah sebuah hubungan akan terjalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar