Selasa, 23 Juni 2015

BEBERAPA TIPS UNTUK MENGHADAPI SKRIPSI

Apa sih SKRIPSI itu??

Skripsi adalah istilah yang digunakan untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupas paparan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.




Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya.

Setiap tahunnya semua mahasiswa tingkat akhir membuat skripsi mereka. Sebagaimana kita ketahui bahwa membuat dan menyusun sebuah skripsi bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus kita lakukan sebelum membuat sebuah skripsi.

Berikut beberapa tips tahapan yang bisa diberikan bagi para calon dalam menyusun skripsi:

1.   Sebelum memilih topik bahasan untuk skripsi, kita harus menguasai topik tersebut dengan baik.

2.   Memilih dosen pembimbing yang benar-benar bisa membantu dalam pengerjaan skripsi. (apabila dosen pembimbing tidak ditentukan langsung dari universitas ya)

3.   Apabila sudah menemukan bahasan yang tepat, pertama- tama kita harus mencari referensi di internet atau pada skripsi - skripsi sebelumnya apakah pembahasan tersebut pernah dilakukan atau tidak. Hal ini diperlukan karena dalam pembuatan skripsi kita harus memasukkan jurnal sebelumnya yang sesuai/mirip dengan pembahasan yang kita ambil.

4.   Dalam mencari referensi/bahan acuan, pilih jurnal/paper yang mengandung unsur kekinian dan diterbitkan oleh jurnal yang terakredi­tasi.

Diatas sudah disebutkan beberapa tahapan dalam menyusun skripsi, berikut hal – hal yang perlu dilakukan dalam menyusun skripsi:

1.   Siapkan diri dengan baik sebelum menulis sebuah skripsi.

2.   Meminta doa restu dari orang tua. 
3.   Harus memiliki niat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan skripsi. 

4.   Membuat to do list. Planning yang akan dijalankan dalam penulisan skripsi ini. Seperti kapan akan mencari referensi, melakukan bimbingan, mendapatkan judul hingga target kapan skripsi Anda akan selesai.

5.   Jangan mau kalah dengan keadaan. Selalu ingat bahwa dalam penyusunan sebuah skripsi banyak hal yang akan terjadi. Seberat apapun itu kita bisa menghadapinya.


6.   Gunakan internet agar lebih produktif. Provider-provider komersial seperti Google Scholar, EBSCO, atau ProQuest bisa digunakan sebagai acuan referensi.

7.   Menjadi pribadi yang Proaktif, dimana kitalah yang lebih aktif bertanya kepada Dos-Pem, dan “mengejar” untuk bimbingan.

8.   BE FLEXIBLE. Dimana kita ketahui skripsi sangatlah “tidak pasti”. Tidak jarang seorang dosen pembimbing meminta kita untuk mengganti topik bahasan padahal kita sudah mengerjakan setengah, atau disaat semua sudah selesai dan dosen kita tidak merasa puas dengan kesimpulan kita, janganlah sakit hati. Tetaplah menjadi seseorang yang fleksibel.

9.   Setiap koreksian yang diberikan oleh dosen pembimbing sangat berguna ketika sidang skripsi nanti. Dosen pembimbing pada dasarnya ingin kita melakukan yang terbaik.

10.     Bersikap jujur, katakan dengan jujur apabila Anda tidak mengerti atau tidak tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya dalam penyusunan skripsi.

11.     Siapkan uang. Skripsi akan menghabiskan dana yang cukup besar karena banyaknya revisi yang harus kita buat, ongkos kirim kuesioner, biaya cetak mencetak, dsb. Jangan sampai karena kehabisan dana, skripsi kita terpaksa terhenti. Ironis kan??

Nah itu dia tuh beberapa tips yang bisa saya kasih untuk kalian semua.















Semangat, terus berusaha, jangan menyerah dan yang terpenting utamakan Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan. Karena itulah yang terutama.


DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar